Selama ini, banyak dari kita yang mungkin berpikir bahwa refined sugar merupakan jenis gula yang sama saja seperti gula yang kita konsumsi sehari-hari. Padahal kenyataannya, refined sugar memiliki perbedaan yang signifikan loh dibandingkan dengan gula biasa.

Jadi keduanya memang sama-sama termasuk sebagai gula kristal hanya saja, gula kristal yang kita bisa temui dikenal sebagai gula kristal putih, sementara refined sugar dikenal sebagai gula kristal rafinasi. Untuk lebih jelasnya, yuk simak 4 hal mengenai refined sugar berikut ini!

1. Tidak memiliki kandungan kalori

Jadi, refined sugar merupakan jenis gula yang tidak memiliki kandungan kalori alias kalori kosong. Jenis gula ini tidak memiliki kandungan zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh, baik itu mineral , vitamin, protein, lemak, serat, dan lain sebagainya. Makanya, refined sugar dikenal sebagai jenis gula yang rendah nutrisi namun memiliki kandungan garam maupun lemak tambahan. Maka dari itu, kita harus memperhatikan dengan seksama agar takarannya tetap aman kita konsumsi.

2. Dibuat dengan proses lanjutan

Dibandingkan dengan gula mentah, gula rafinasi melalui proses yang lebih kompleks. Soalnya, gula ini diproses dari gula kristal mentah yang kemudian melalui proses perendaman dan pelembutan. Gula mentah tersebut kemudian akan direndam di dalam sirup yang sudah terkonsentrasi. Hal ini bertujuan untuk membuat lapisan coklat pada kristal menghilang. Nah, ketika kristal sudah dibersihkan, maka gula kemudian akan dicampurkan ke dalam cairan untuk selanjutnya disaring dari kotoran.

3. Memiliki dua jenis

Ada dua jenis gula rafinasi yang paling sering kita temui. Jenis gula rafinasi pertama merupakan gula meja atau yang lebih familiar disebut sebagai sukrosa. Kemudian, jenis gula kedua merupakan jenis gula high fructose corn syrup (HFCS) alias sirup jagung tinggi fruktosa.

4. Diperuntukkan khusus untuk industri makanan dan minuman

Berbeda dari gula kristal putih, gula rafinasi merupakan jenis gula yang terbatas penggunaannya, yakni khusus untuk industri makanan dan minuman. Ada banyak jenis makanan dan minuman yang menggunakan gula rafinasi, seperti es krim, coklat, sereal, susu, dan lain sebagainya.

By Pradika